Solusi Menghindari Pencurian Password WiFi

Wi-Fi dirumah kita jadi lemot? Sudah ganti password unik tapi masih juga lemot. Mungkin ada orang atau sekelompok [maaf] kere tidak bertanggung jawab sedang mencuri akses Internet Wi-Fi Anda. Dengan kemajuan teknologi informasi, ganti password saja mungkin tidak cukup. Mungkin solusi menghindari pencurian password WiFi ini bisa membantu.

Jadi penyebab password gampang dicuri itu karena teknologi Wi-Fi nya sendiri memiliki celah keamanan. Namanya WPS atau Wi-Fi Protected Setup. Ya, teknologi yang harusnya bisa memberikan keamanan justru jadi celah yang dimanfaatkan orang kere pencari internet gratis.

Jadi singkatnya WPS membantu perangkat untuk terhubung dengan cara yang lebih cepat dengan menggunakan PIN sebagai akses dasarnya. Jadi rentan sekali untuk terkena serangan brute force, karena kode PIN tersebut hanya terdiri dari beberapa digit angka saja. Ketika sudah terhubung, maka seunik dan sesulit apapun password yang kamu punya akan jadi sia-sia. Selengkapnya tentang WPS.

Untuk menghindari pencurian password WiFi, lakukan langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke alamat router kamu melalui browser, biasanya di alamat http://192.168.1.254/
  • Masukkan username dan password router.

  • Masuk ke menu Interface Setup kemudian pilih Wireless.

  • Ganti Use WPS ke No.
  • Authentication Type ke WPA-PSK/WPA2-PSK.

  • Klik Save

Mudah-mudahan Wi-Fi kamu udah terhindar dari serangan orang kere pencuri internet. Oh, ia, mungkin Anda juga perlu mengatur ulang password Router dan Wi-Fi dengan menggunakan kombinasi karakter khusus (misal: &*%$#).

Loading Facebook Comments ...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *