Backup dan Restore Database InnoDB MySQL

Jadi ceritanya, akhir bulan Juni 2017, lagi sibuk-sibuknya kerjaan dikantor, ternyata server aplikasi yang saya buat ternyata nggak bisa up karena terjangkit virus yang dibawa technical support/vendor mesin fotocopy. Al-hasil semua file bertipe executable (.exe) jadi diam membisu, termasuk control panel XAMPP. Keringet dingin saya karena kegiatan akhir bulan bank sudah sebagian dipindah ke aplikasi itu. Solusinya?

Berdo’a dulu, biar tenang. Setelah cukup tenang, saya makin watir karena ternyata setelah di-scan pakai antivirus, malah file ekstensi .exe di XAMPP hilang semua. Alhasil saya nggak bisa backup pakai mysqldump via command prompt Windows.

Saya coba memindahkan folder database pada directory xampp\mysql\data ke database baru di server yang berbeda. Tapi saya baru inget kalau Engine InnoDB nggak bisa sembarangan dipindah seperti MyISAM. Alhasil table di database itu tidak bisa dibuka dan dianggap tidak ada.

Setelah wara-wiri di Stackoverflow sampe jam 11 malem, akhirnya ketemu cara memindahkan database ke server baru dengan cara copy folder databasenya. Tapi untuk engine InnoDB kita juga harus copy file sebagai berikut:

  • ib_logfile0
  • ib_logfile1
  • ibdata1

InsyaAllah database bisa diakses kembali di server baru seperti semula.

Loading Facebook Comments ...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *